Verb Tenses Overview


The Sixteen Tenses adalah pola-pola kalimat dalam bahasa Inggris yang digunakan sebagai penentu waktu atau keadaan dari kalimat, penutur asli Bahasa Inggris (native English speaker) dapat berbicara tentang masa lalu, sekarang, dan masa depan dalam bahasa mereka menggunakan pola-pola kalimat ini. Ada enam belas pola tenses namun pada umumnya orang-orang hanya mempelajari dua belas darinya. Bagi para pembelajar bahasa Inggris, enam belas tenses merupakan tantangan besar bagi mereka karena enggan menghafalkan rumus yang begitu banyak, namun jangan patah semangat. Di sini akan saya jelaskan keseluruhannya dengan penjelasan yang mudah dipahami sehingga kalian semua dapat menuturkan bahasa Inggris layaknya seorang penutur asli (native speaker). Let's begin, shall we?

VERB TENSES OVERVIEW WITH EXAMPLES
SIMPLE PRESENT PRESENT CONT PRESENT PERFECT PRESENT
PERFECT CONT
I study English everyday
I am studying English now
I have studied English in several different countries
I have been studying English for five years

SIMPLE PAST PAST CONT PAST PERFECT PAST
PERFECT CONT
Two years ago I studied English in England
I was studying English when you called yesterday
I had studied a little English before I moved to the U.S
I had been studying English for five years before I moved to the U.S
SIMPLE FUTURE FUTURE CONT FUTURE PERFECT FUTURE
PERFECT CONT
I will study English next year
I will be studying English when you arrive tonight
I will have studied every tenses by the time I finish this course
I will have been studying English for over two hours by the time you arrive
SIMPLE PAST FUTURE PAST FUTURE CONT PAST FUTURE PERFECT PAST FUTURE
PER CONT
Mary said that she would study at London next year
He would be studying at 10 this morning
I should have studied this lesson yesterday
I should have been studying English here for six months, last month

Lihatlah tabel kata kerja di atas. Apakah terlintas di fikiran anda bagaimana semua kata kerja itu diatur? Enam belas pola kata kerja di atas memberi tahu kita dengan baik tentang bagaimana penutur bahasa Inggris memahami waktu, dengan ke-16 pola itu mereka dapat membedakan waktu sekarang, lampau, dan masa depan serta dengan keadaan yang berbeda-beda.

Di atas dapat kita lihat ada empat pola waktu "present", empat pola "past", empat pola "future", dan yang terakhir empat pola "passed future". Meskipun dalam benak kita, terlalu sulit untuk menghafal 16 rumus, namun sebenarnya 16 pola itu tersusun oleh satu rumus saja. Jika kita ingat pada pelajaran bahasa Indonesia dahulu kita diberitahu bahwa sebuah kalimat terbentuk oleh susunan SPOK (Subjek + Predikat + Objek + Keterangan). Demikian pula bahasa Inggris juga terbentuk oleh satu rumus, yaitu SAVO

--SAVO--


SAVO adalah singkatan dari Subject, Auxiliary, Verb, dan Object. Dengan susunan inilah enam belas pola tenses di atas dapat dibentuk, coba kita lihat contoh di bawah ini

I am studying English
S   +   A   +   V   +   O

Meskipun rumusnya sama, yang membedakan ke-enam belas pola tenses itu adalah auxiliary dan verb, contoh di atas adalah kalimat dari pola present continous dengan auxiliary berupa "am" dan kata kerjanya berupa "verb1" dengan imbuhan "-ing"



Pertanyaan Umum
Tentang 16 Tenses

Bagaimana kita bisa belajar tenses?

Bahasa Inggris mengubah cara berpikir kita tentang waktu, karena itu pula kita harus mengubah cara kita menggunakan kata kerja, seringkali kita mengalihkan bahasa ibu kita ke dalam bahasa Inggris secara translate per-kata tanpa memahami keseluruhan kalimat yang akan dialihkan. Kasus yang demikian pula dialami oleh masyarakat Jerman, orang Jerman sering membuat kesalahan dengan present perfect. Mengapa? Karena mereka menyamakan bahasa Inggris dalam susunan bahasa Jerman, yang sama sekali TIDAK sama.

Karena itu, kita harus belajar berpikir layaknya penutur asli bahasa Inggris. Kita harus belajar bagaimana kita melihat waktu. Penjelasan tenses yang mendalam pada blog ini akan membantu anda.

Pemahaman tentang kalimat aktif dan kalimat pasif juga penting untuk diperdalam, luangkan pula waktu untuk menghafal kata kerja bahasa Inggris tidak beraturan (irregular verb). Jangan khawatir. Blog ini juga akan menyajikan daftar-daftar kata kerja tidak beraturan.

Ada berapa bentuk tenses?

Jawabannya tergantung pada siapa yang Anda tanya.

Ahli bahasa mengatakan bahasa Inggris memiliki tiga bentuk: past, present dan future. Dari setiap pola itu, mereka mengatakan ada aspek simple, continuous, perfect, dan perfect continuous.

Orang yang mengajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing mengatakan, bahasa Inggris memiliki 12 pola (simple present, present continuous, dll.). Namun selain 12 bentuk kata itu, ada bentuk tambahan past future (kalimat future di masa lampau) yang digunakan untuk mengekspresikan keadaan dalam bahasa Inggris. Di sini, Englishly akan menjelaskan 16 bentuk kata kerja itu.

Apa kesalahan tenses yang paling umum?

Kesalahan paling umum yang dibuat oleh pelajar bahasa Inggris adalah menggunakan simple present untuk membicarakan hal-hal yang sedang terjadi sekarang. Apabila kita hendak membicarakan peristiwa yang sedang berlangsung pada saat si penutur itu bicara, maka yang harus digunakaan adalah Present Continuous.

Kesalahan besar lainnya adalah menggunakan present perfect dengan keterangan waktu yang ditentukan seperti last week (minggu lalu), yesterday (kemarin), dan lain-lain. Penggunaan seperti itu tidak benar dalam bahasa Inggris. Dan sebagian besar pelajar bahasa Inggris memiliki masalah dengan will dan be going to.

Sekali lagi, jangan khawatir. Semua bentuk tenses ini akan dipaparkan dengan jelas dalam blog ini.

Sumber apa yang harus saya rujuk untuk mempelajari tenses?

Pertama, mulailah dengan Tabel Verb Tense ini. Anda harus tahu aturannya dengan baik.

Selanjutnya, tonton TV dan film dalam bahasa Inggris. Anda harus menonton acara dengan banyak dialog. Komedi dan drama bisa menjadi pilihan yang terbaik untuk menyimak bahasa Inggris. Anda perlu menemukan program lain yang diminati. Kebanyakan para guru mempertontonkan film seperti Friends atau The Big Bang Theory untuk belajar di kelas.

Anda juga perlu membaca. Sekali lagi, yang terbaik adalah membaca buku dengan banyak percakapan (banyak dialog). Luangkan waktu untuk melihat detailnya. Apakah Anda mengerti mengapa masing-masing tenses digunakan?



Posting Komentar

2 Komentar

  1. Ini yang saya cari-cari, makasih kak atas rangkumannya .. saya tunggu materi lanjutannya tentang tenses ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas kunjungannya kak, selamat belajar

      Hapus