The Parts of Speech



Segala perkataan dalam bahasa Inggris dikelompokkan ke dalam bagian-bagian berdasarkan arti mereka dan fungsinya, bagian-bagian dasar itu yang kemudian disebut sebagai Parts of Speech. Ada 8 parts of speech, yaitu: noun, pronoun, verb, adjective, adverb, preposition, conjunction, dan interjection

A. Noun

Noun adalah suatu kata yang digunakan sebagai nama dari benda-benda, yang meliputi seseorang, objek, hewan, tempat, dan konsep abstrak.
Contohnya:
  1. Close, your book, please!. (Tutuplah bukumu !)
  2. Rizqi is listening to the radio. (Rizqi sedang mendengarkan radio)
  3. We saw bear at the zoo. (Kami melihat beruang di kebun binatang)
  4. Jakarta is the capital of Indonesia. (Jakarta adalah ibukota dari Indonesia)
  5. We have a good pleasure today. (Kita merasakan kesenangan hari ini)
  6. He will be happy with your kindness. (Dia akan merasa senang dengan kebaikanmu)
  7. My belief (faith) in Allah, saves me. (Kepercayaanku kepada Allah yang menyelamatkanku)

B. Pronoun

Pronoun adalah kata yang digunakan untuk menggantikan noun (kata benda) yang dapat berupa orang, objek, benda, hewan, tempat, kepemilikan atau konsep abstrak.
Contohnya:
  1. Hanna says that she has done the work. (Hanna berkata bahwa dia telah menyelesaikan pekerjaannya)
  2. Jhohan weighs himself everyday. (Jhohan menimbang dirinya setiap hari)
  3. This is my car. (Ini adalah mobilku)
  4. I like the person who is diligent. (Aku senang kepada seseorang yang rajin)
  5. What must we do now?. (Apa yang harus kita lakukan sekarang?)
  6. These shoes are mine. (Sepatu-sepatu ini milikku)
  7. Nobody cares that issue. (Tiada yang peduli terhadap isu itu)

C. Verb

Verbs (kata kerja) adalah kata yang menunjukkan perbuatan yang dilakukan oleh seseorang, juga untuk menunjukkan keadaan dari subjeknya dalam kurun waktu tertentu.
Contohnya:
  1. Alfian goes to school every Monday. (Alfian berangkat ke sekolah setiap Senin)
  2. We are studying Grammar. (Kita sedang mempelajari Grammar)
  3. I haven't eaten yet. (Aku belum makan)
  4. The rain drenched us. (Hujan itu membasahi kami)
  5. They looked tired. (Mereka terlihat lelah)
  6. He is a student. (Dia seorang murid)
  7. Karim was sleeping when you arrived here yesterday. (Karim sedang tidur ketika kamu tiba di sini kemarin)

D. Adjective

Adjective adalah kata yang mensifati kata benda (noun) atau penggantinya (pronoun) yang dapat berupa orang, keadaan, nominal, kepemilikan dan lain lainnya.
Contohnya:
  1. We study English lesson. (Kita belajar Bahasa Inggris)
  2. Harun is a diligent boy. (Harus adalah anak yang rajin)
  3. Rahman has two pens. (Rahman memiliki dua pena)
  4. He has some books. (Dia memiliki beberapa buku)
  5. These students are learning well. (Murid-murid ini sedang belajar dengan baik)
  6. Every students has the right to an education. (Setiap murid memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan)
  7. What time is it now?. (Jam berapa sekarang?)

E. Adverb

Adverb adalah kata yang mendeskripsikan verb (kata kerja), adjective (kata sifat), atau adverb lain
Contohnya:
  1. Ali runs quickly. (Ali berlari dengan cepat)
  2. He speaks English fluently. (Dia berbicara Bahasa Inggris dengan lancar)
  3. They talk extremely fast. (Mereka berbicara dengan sangat cepat)
  4. She is always late. (Dia selalu terlambat)
  5. We will visit soon. (Kita akan berkunjung secepatnya / segera)
  6. This room is very large. (Ruangan ini sangat besar)
  7. The taxi goes more slowly. (Taxi ini melaju lebih lambat)

F. Preposition

Preposition adalah kata yang ditempatkan sebelum noun atau pronoun untuk menunjukkan hubungan antara kedua kata itu dengan kata-kata lain dalam suatu kalimat.
Contohnya:
  1. I cut meat with knife. (Aku memotong daging dengan pisau)
  2. She goes to restaurant. (Dia pergi ke restoran)
  3. Please! Stay for lunch. (Tolong! Menetaplah untuk makan siang)
  4. The book is on the table. (Buku itu berada di atas meja)
  5. I don't care for standing in queues. (Aku tidak peduli berbaris di antrian)
  6. What can you do besides typing? (Apa yang bisa kau lakukan selain mengetik?)
  7. After swimming, I felt cold. (Setelah berenang, aku merasa kedinginan)

G. Conjunction

Conjunction adalah kata atau kelompok kata yang berfungsi menghubungkan dua kalimat atau paragraf.
Contohnya:
  1. He has breakfast before he goes to school. (Dia sarapan sebelum dia berangkat ke sekolah)
  2. Because he was naughty, his parent punished him. (Karena dia nakal, orangtuanya menghukumnya)
  3. We must be early, otherwise we don't get a seat. (Kita harus datang lebih awal, jika tidak kita tidak akan mendapatkan tempat duduk)
  4. John and Peter went to school but Grace stayed at home. (John dan Peter berangkat ke sekolah tetapi Grace menetap di rumah)
  5. She is clever but lazy. (Dia itu cerdas namun malas)
  6. Rudi and Ali came yesterday. (Rudi dan Ali datang kemarin)
  7. He is tired and wants to rest. (Dia lelah dan ingin beristirahat)

H. Interjection

Interjection adalah ucapan pendek, bisa berupa kata kejut atau frasa yang digunakan untuk mengungkapkan emosi.
Contohnya:
  1. Subhanallah! what have I done?. (Maha Suci Allah! (ya Tuhan!) Apa yang telah aku perbuat?)
  2. Whoa!, he isn't the champion!. (Whoa, dia ternyata bukanlah seorang juara!)
  3. Yippee, next month is our holidays!. (Yippi, bulan depan adalah liburan kita)
  4. Yuck, that's disgusting. (Yek, itu jorok)
  5. Alhamdulillah, we've won. (Alhamdulillah, kita menang)
  6. Alas, he realized his folly too late. (Aduh, dia terlambat menyadari kebodohannya)
  7. Oh, look at the time!. (Oh, lihat jamnya!)

-------------------------------

BIBLIOGRAFI

Alexander, L. G. 1990. Longman English Grammar Practice For Intermediate Students. Harlow: Longman.
Azar, Betty Schrampfer. 1996. Basic English Grammar Second Edition. Harlow: Longman.
Eastwood, John. 1994. Oxford Guide to English Grammar. Oxford: Oxford University Press.
Elsworth, Elaine Walker Steve. 2000. Grammar Practice For Elementary Students. Harlow: Longman.
—. 2000. Grammar Practice For Intermediate Students. Harlow: Longman.
—. 2000. New Grammar Practive For Pre-Intermediate Students. Harlow: Longman.
Rollason, Jane. 2004. 50 Mixed-Ability Grammar Lessons. New York: Scholastic.

Posting Komentar

2 Komentar